Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum bertanya masalah hardware ke komunitas linux

ubuntu-intel-ati-amd-nvidia
Pernah menyampaikan pertanyaan di forum / milis linux tentang masalah hardware (biasanya driver) tetapi, sama setelah sekian lama tidak ada sama sekali yang menanggapi?
Mungkin ada yang kurang di pertanyaan anda itu, berikut tips dan trik Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum bertanya masalah hardware ke komunitas linux.

  • Buat pertanyaan yang singkat, padat dan jelas (gitu kata bu guru b.indo :P)
  • Ketahui Spesifikasi lengkap dari laptop / komputer anda, akan lebih bagus lagi disertai dengan link spesifikasi lengkapnya, contohnya seperti ini 
  • Lakukan pendeteksian hardware dengan tools standar linux seperti lshw dan lspci dengan perintah
sudo lshw atau sudo lspci 
  • Sisipkan hasil pendeteksian hardware  tersebut ke dalam post / email pertanyaan anda.
  • Sabarlah jika pertanyaan anda agak lama dibalas, ingat teman-teman di komunitas juga mempunyai kehidupan di luar sana :)
Untuk mempermudah proses pendeteksian hardware terutama bagi yang baru menggunakan linux bisa medownloadnya disini.

Cara menggunakanya cukup mudah, tinggal extrak saja lalu klik 2x pada file detect_hw.sh kemudian pilih "Run In Terminal", nanti akan muncul 2 file yang bernama lshw.txt dan lspci.txt. File inilah yang bisa anda kirimkan bersama pertanyaan anda, entah dengan cara di-attach atau kopas :D

Dengan tips di atas peluang dijawab dan dispecahkanya masalah menjadi lebih tinggi, terutama karena membuat mastah-mastah yang ada di forum/milis senang dengan lengkapnya ketersediaan data.